EAS Pemrograman Perangkat Bergerak

Nama : Rule Lulu Damara

NRP : 5025211050

Kelas : Pemrograman Perangkat Bergerak B


UAS PPB


Soal :

  1. Buat use case dan user flow dari aplikasi  ?

  2. Deskripsikan fitur aplikasi yang akan dibuat?

  3. Gambarkan UI yang akan diimplementasikan.

  4. Implementasikan Rancangan ? 

  5. Buat Presentasi dan demo implementasi upload di Youtube, dan isi lembar monitoring?


Jawab: 

  1. Aplikasi i.saku adalah uang elektronik yang telah mendapat izin dari Bank Indonesia. Pakai i.saku memudahkan kamu untuk transaksi apa aja, mulai dari bayar belanja di Merchant, kirim uang, tarik tunai, dan bayar semua tagihan. Mudahkan hidupmu dalam bertransaksi dan nikmati ekstra untungnya pake i.saku.

    1. Use Case

Gambar di atas merupakan contoh use case diagram pada i.saku, adapun penjelasannya sebagai berikut ini:


  1. User: Orang yang dapat mengakses atau menggunakan aplikasi i.saku, mulai dari login ke aplikasi hingga melakukan aksi terhadap aplikasi seperti top up saldo, transfer, dan payment.

  2. Merchant: Toko atau penyedia jasa yang menerima pembayaran melalui aplikasi i.saku.

  3. Bank:  Institusi keuangan yang berkolaborasi dengan i.saku untuk memfasilitasi transaksi seperti top up dan transfer.

Use Cases

  1. Register

    • Deskripsi: Langkah pertama yang dilakukan user ketika ia tidak mempunyai akses pada aplikasi i.saku. User mendaftarkan data diri ke dalam aplikasi agar dikenali dan mendapatkan akun.

    • Aktor: User

  2. Login

    • Deskripsi: Setelah mendapatkan akun, user harus melakukan login agar dapat mengakses berbagai fitur aplikasi i.saku. Login dilakukan dengan menggunakan kredensial yang telah didaftarkan.

    • Aktor: User

  3. Top Up

    • Deskripsi: Kegiatan yang dilakukan user untuk mengisi ulang saldo i.saku. User dapat memilih dua alternatif untuk melakukan top up saldo:

      • Melalui ATM: User melakukan top up dengan mengunjungi ATM dan mengikuti prosedur pengisian saldo.

      • Internet Banking: User melakukan top up dengan menggunakan layanan internet banking yang disediakan oleh bank.

    • Aktor: User, Bank

  4. Transfer

    • Deskripsi: Transfer berfungsi untuk mengirim atau membagikan saldo dalam aplikasi i.saku ke pengguna lain. User dapat melakukan transfer ke sesama pengguna i.saku atau ke rekening bank tertentu.

    • Aktor: User, Bank

  5. Payment

    • Deskripsi: Ketika user memilih menu payment, maka user dapat melakukan pembayaran lewat aplikasi. User dapat membayar untuk berbagai layanan atau produk yang disediakan oleh merchant yang bekerja sama dengan i.saku.

    • Aktor: User, Merchant



  1. User Flow



  1. Aplikasi yang akan saya buat memiliki fitur sebagai berikut

    1. Pengguna masuk screen splash i.saku

    2. Pengguna mampu melakukan Register 

      1. Deskripsi: Fitur ini memungkinkan pengguna baru untuk membuat akun di aplikasi i.saku. Proses pendaftaran melibatkan pengisian formulir dengan informasi pribadi seperti nama, email, nomor telepon, dan kata sandi.

      2. Langkah-langkah:

        1. Pengguna membuka aplikasi i.saku.

        2. Pengguna memilih opsi "Daftar".

        3. Pengguna mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan (nama, email, nomor telepon, dll.).

        4. Pengguna menyetujui syarat dan ketentuan.

        5. Pengguna mengirimkan formulir pendaftaran.

        6. i.saku memverifikasi informasi yang diberikan dan mengirimkan email atau SMS konfirmasi.

        7. Pengguna mengkonfirmasi pendaftaran melalui tautan atau kode yang dikirimkan.

      3. Manfaat: Memungkinkan pengguna baru untuk mendaftar dan mendapatkan akses ke semua fitur aplikasi i.saku.

    3. Pengguna mampu melakukan Log in

      1. Deskripsi: Fitur ini memungkinkan pengguna terdaftar untuk masuk ke aplikasi i.saku menggunakan kredensial yang telah mereka buat saat pendaftaran.

      2. Langkah-langkah:

        1. Pengguna membuka aplikasi i.saku.

        2. Pengguna memasukkan kredensial login mereka (email/nomor telepon dan kata sandi).

        3. Pengguna menekan tombol "Login".

        4. i.saku memverifikasi kredensial dan memberikan akses ke akun pengguna.

      3. Manfaat: Memastikan hanya pengguna yang sah yang dapat mengakses akun mereka dan menggunakan fitur-fitur terkait.

    4. Pengguna mampu melakukan Top Up Saldo

      1. Deskripsi: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang saldo akun i.saku mereka. Pengguna dapat memilih berbagai metode untuk top-up seperti melalui ATM, internet banking, atau kartu kredit.

      2. Langkah-langkah:

        1. Pengguna masuk ke akun i.saku mereka.

        2. Pengguna menavigasi ke bagian "Isi Saldo" (Top Up).

        3. Pengguna memilih sumber dana (rekening bank, kartu kredit, dll.).

        4. Pengguna memasukkan jumlah uang yang akan diisi.

        5. Pengguna mengkonfirmasi transaksi.

        6. i.saku memproses transaksi dan memperbarui saldo akun pengguna.

      3. Manfaat: Mempermudah pengguna untuk menambahkan dana ke akun i.saku mereka, memungkinkan mereka untuk menggunakan saldo tersebut untuk berbagai transaksi di aplikasi.

    5. Pengguna mampu melakukan Transfer 

      1. Deskripsi: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang ke pengguna lain. Pengguna dapat mengirim uang ke sesama pengguna i.saku atau ke rekening bank tertentu.

      2. Langkah-langkah:

        1. Pengguna masuk ke akun i.saku mereka.

        2. Pengguna menavigasi ke bagian "Transfer".

        3. Pengguna memasukkan ID i.saku atau nomor telepon penerima.

        4. Pengguna memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer.

        5. Pengguna mengkonfirmasi transfer.

        6. i.saku memproses transfer dan memperbarui saldo kedua pengguna.

      3. Manfaat: Mempermudah pengguna untuk mengirim uang kepada orang lain dengan cepat dan aman.


  1. Gambarkan UI yang akan diimplementasikan.



  1. Implementasikan Rancangan ? 

https://github.com/RuleLuluDamara/isaku-app-finalexam-ppb


  1. Buat Presentasi dan demo implementasi upload di Youtube, dan isi lembar monitoring?

https://youtu.be/jMyAT-_D5LI




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assignment 4: Aplikasi Login Screen

Assignment 1: Design Mobile Application

Assignment 2 : Aplikasi Android Sederhana