UTS - PBKK

Nama    : Rule Lulu Damara

Kelas    : PBKK B

NRP    : 5025211050


UTS - PBKK

1.      Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?

Dalam konteks pengembangan perangkat lunak, struktur framework merujuk pada suatu kerangka kerja yang telah didesain sebelumnya, yang memberikan seperangkat aturan, panduan, komponen, dan alat kepada pengembang guna membantu mereka dalam pembangunan aplikasi perangkat lunak. Struktur ini memiliki peran kunci dalam pengembangan perangkat lunak dengan memberikan dasar yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pengembangan, serta memastikan kualitas dan konsistensi dari aplikasi yang dihasilkan.

 

Berikut adalah beberapa kegunaan utama dari struktur framework dalam pengembangan perangkat lunak:

 

·        Konsistensi: Framework menyediakan aturan dan pedoman yang konsisten yang membantu memastikan bahwa kode dalam aplikasi memiliki struktur dan pola yang seragam. Ini membuat perangkat lunak lebih mudah dipahami dan dikelola oleh tim pengembang yang berbeda.

·        Percepatan Pengembangan: Framework biasanya menyertakan komponen-komponen yang telah dirancang sebelumnya, seperti modul, kelas, dan fungsi. Pengembang dapat memanfaatkan komponen ini untuk menghindari menulis kode dari awal, sehingga mempercepat proses pengembangan.

·        Pengurangan Kesalahan: Framework sering kali telah melalui pengujian dan validasi yang ketat, sehingga pengembang dapat mengandalkan kualitas komponen yang ada dalam framework. Ini membantu mengurangi kemungkinan kesalahan dan bug dalam perangkat lunak.

·        Skalabilitas: Framework dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat berkembang seiring waktu. Dengan struktur yang benar, pengembang dapat lebih mudah menambahkan fitur baru atau memperluas aplikasi sesuai kebutuhan.

·        Keamanan: Banyak framework telah memasukkan praktik keamanan terbaik, yang membantu melindungi aplikasi dari serangan dan ancaman keamanan. Ini termasuk manajemen sesi, perlindungan terhadap serangan SQL injection, dan lainnya.

·        Dukungan Komunitas: Framework yang populer sering memiliki komunitas pengembang yang kuat. Ini berarti Anda dapat mendapatkan dukungan, dokumentasi, dan sumber daya tambahan dari komunitas ini.

·        Pengelolaan Kode yang Lebih Baik: Dengan struktur yang telah ditetapkan, pengembang dapat lebih mudah mengorganisasi, mengelola, dan memodifikasi kode. Hal ini membantu menjaga perangkat lunak agar tetap mudah dipelihara.

Contoh framework yang terkenal dalam pengembangan perangkat lunak termasuk Ruby on Rails untuk pengembangan web, Angular dan React untuk pengembangan aplikasi web front-end, serta .NET dan Spring untuk pengembangan aplikasi berbasis Java dan .NET.

 

2.      Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.

 

a.      Windows Forms (WinForms):

Perbedaan: WinForms adalah salah satu teknologi implementasi antarmuka pengguna (UI) yang lebih tua dalam pengembangan aplikasi Windows. Ini berfokus pada tampilan dasar dan elemen antarmuka berbasis Windows, seperti jendela, tombol, kotak teks, dan kontrol standar lainnya.

 

Pertimbangan:

Kecepatan Pengembangan: WinForms memungkinkan pengembangan aplikasi yang cepat karena berfokus pada kontrol standar yang relatif sederhana.

Aplikasi Desktop Konvensional: Cocok untuk aplikasi desktop konvensional dengan tampilan yang mirip dengan aplikasi Windows lama.

 

b.      Windows Presentation Foundation (WPF):

Perbedaan: WPF adalah teknologi yang lebih modern dan kuat untuk pengembangan antarmuka pengguna Windows. Ini memungkinkan pengembang untuk membuat tampilan yang lebih kaya dan interaktif dengan dukungan untuk grafis vektor, animasi, gaya, dan kontrol yang sangat kustomisasi.

 

Pertimbangan:

Tampilan Kaya: Cocok untuk aplikasi yang memerlukan tampilan kaya, misalnya, aplikasi multimedia, perangkat lunak kreatif, dan aplikasi bisnis yang rumit.

Penggunaan Grafis yang Tinggi: Ideal untuk aplikasi yang memerlukan tampilan grafis yang tinggi, seperti permainan ringan atau aplikasi 2D/3D.

 

c.      Universal Windows Platform (UWP):

Perbedaan: UWP adalah platform pengembangan aplikasi Windows yang lebih modern yang dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat berjalan di berbagai perangkat Windows, termasuk PC, tablet, smartphone, dan Xbox.

 

Pertimbangan:

Aplikasi Universal: Cocok untuk pengembangan aplikasi yang ingin menjangkau berbagai perangkat Windows dan memiliki konvergensi kode yang tinggi.

Integrasi Dalam Ekosistem Windows: UWP memungkinkan integrasi yang baik dengan fitur-fitur platform Windows seperti notifikasi, pembayaran, dan akses ke perangkat keras.

Ketika memilih metode implementasi, pertimbangkan jenis aplikasi yang akan Anda kembangkan, kebutuhan tampilan, cakupan platform, dan tingkat fleksibilitas yang diinginkan. Selain itu, perlu diingat bahwa tren dalam pengembangan aplikasi Windows terus berubah, dan teknologi seperti WPF dan UWP mungkin lebih relevan dalam pengembangan aplikasi masa depan.

 

 

3.      Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP

a.      Winforms

i.     Kalkulator Sederhana






ii.     List Name




iii.     Web Capture App




b.      WPF




c.      UWP




4.      Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya..

Aplikasi Rich UI, atau antarmuka pengguna (UI) yang kaya, merujuk pada aplikasi yang memberikan pengalaman pengguna yang menarik, berlimpah fitur, dan sering kali interaktif. Aplikasi ini memanfaatkan elemen-elemen seperti grafis vektor, animasi, peralihan, efek visual, dan tampilan yang sangat dapat disesuaikan untuk meningkatkan kedalaman dan daya tarik pengalaman pengguna. Aplikasi Rich UI digunakan secara luas untuk meningkatkan aspek tampilan, fungsionalitas, dan daya tarik dari aplikasi.




Video Tutorial




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assignment 4: Aplikasi Login Screen

EAS Pemrograman Perangkat Bergerak

TUGAS 2 - SYSTEM REQUEST WARUNG TEGAL