TUGAS 8 - ViewModel and State in Compose

   

Nama: Rule Lulu Damara

NRP: 5025211050

Kelas: PPB B

ViewModel and State in Compose

1. Deskripsi

Jawab:

Aplikasi "Unscramble" adalah permainan ejaan kata untuk pemain tunggal yang menantang pemain untuk menebak kata-kata yang telah diacak. Dalam permainan ini, aplikasi menampilkan sebuah kata dengan huruf-hurufnya yang telah diacak. Tugas pemain adalah mencoba menyusun kata yang benar menggunakan semua huruf yang tersedia. Pemain akan mendapatkan poin jika berhasil menebak kata dengan benar. Jika tidak berhasil, pemain dapat mencoba lagi untuk menebak kata tersebut. Aplikasi juga menyediakan opsi untuk melewati kata saat ini jika pemain merasa kesulitan. Di pojok kanan atas layar, aplikasi menampilkan jumlah kata yang telah dimainkan dalam permainan saat ini. Setiap permainan terdiri dari 10 kata acak yang harus diselesaikan oleh pemain.

 2. Implementations

Langkah-langkah ini membentuk dasar implementasi aplikasi "Unscramble" dengan menggunakan Kotlin dan Compose untuk Android, memastikan pengalaman permainan yang lancar dan responsif bagi pengguna.

WordsData.kt:

Menyimpan daftar kata-kata untuk permainan.

Menentukan jumlah maksimum kata per sesi dan poin untuk setiap kata benar.

MainActivity.kt:

Mengatur tampilan utama aplikasi, termasuk GameScreen.

GameScreen.kt:

Mendefinisikan elemen UI composable seperti GameStatus, GameLayout, dan GameScreen.

Menyusun elemen-elemen ini untuk menciptakan antarmuka pengguna permainan.

Implementasi GameStatus

Menampilkan skor permainan menggunakan Card.

Skor awalnya statis (0), akan diperbarui berdasarkan kinerja pemain.

Implementasi GameLayout:

Menampilkan kata acak yang diacak, petunjuk, dan kolom teks untuk tebakan.

Menggunakan Card untuk elemen-elemen ini.

Implementasi GameScreen:

Menggabungkan GameStatus, GameLayout, judul permainan, jumlah kata ditebak, tombol Submit, dan Skip.

Implementasi FinalScoreDialog:

Menampilkan dialog akhir permainan dengan opsi untuk bermain lagi atau keluar.

Menambahkan ViewModel ke Aplikasi:

Memastikan data aplikasi tetap ada meskipun aktivitas dihancurkan dan dibuat ulang oleh Android.

Mengimplementasikan StatusUI:

Menghubungkan elemen UI dengan status aplikasi untuk memastikan tampilan yang konsisten.

Menambahkan Dependensi ViewModel:

Menambahkan dependensi yang diperlukan untuk menggunakan ViewModel dalam aplikasi Compose.

Membuat GameViewModel:

Menyimpan dan mengelola data permainan seperti kata acak dan skor pemain.

Menambahkan StateFlow:

Memanfaatkan StateFlow untuk mengelola perubahan status aplikasi secara efisien.

Memilih Kata Acak:

Mengimplementasikan logika untuk memilih kata acak untuk permainan.

Merancang UI dengan Compose:Menggunakan Compose untuk merancang UI yang responsif dan up-to-date.

Memverifikasi Kata Tebakan dan Memperbarui Skor:

Memastikan tebakan pengguna diperiksa dengan benar dan skor diperbarui sesuai hasilnya.

Memperbarui Skor dan Jumlah Kata:

Memberikan umpan balik tentang performa pemain dengan memperbarui skor dan jumlah kata yang ditebak.

Menangani Akhir Permainan dan Menampilkan Dialog:

Menambahkan logika untuk menyelesaikan permainan dan menampilkan dialog akhir permainan kepada pengguna.

Menyimpan Status Saat Rotasi Perangkat:

Memastikan data permainan disimpan dalam ViewModel untuk menjaga kontinuitas pengalaman pengguna saat rotasi perangkat.

3. Berikut hasil implementasinya 




4. Github Link:

https://github.com/RuleLuluDamara/unscramble-app

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Assignment 4: Aplikasi Login Screen

EAS Pemrograman Perangkat Bergerak

TUGAS 3 - FEASIBILITY STUDY