TUGAS 1 - SIA SISTEM AKUNTANSI TETAP

 TUGAS 1 SIA - Sistem Akuntansi Aset Tetap


Sebelum masuk kedalam analisis SIA - Sistem Akuntansi Aset Tetap, kita harus mengetahui definisi sistem informasi terlebih dahulu.

Sistem informasi adalah kumpulan dari manusia, hardware, software, jaringan komunikasim dan sumber daya data yang mempunyai keterkaitan anatara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.

Analisis Sistem Akuntansi Aset Tetap

Aset tetap adalah aset perusahan yang memiliki wujud, mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun, diperoleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan, bukan untuk dijual kembali. Aset tetap memiliki frekuensi transaksi yang relative sedikit dengan nilai transaksi yang besar, dalam pengadaan aset tetap dilakukan pengendalian sejak tahap perencanaan. Aset tetap dapat dikelola melalui tiga cara  yaitu :

  • Perolehan/acquisition, perolehan ini bisa didapatkan melalui pembelian, pembangunan sendiri atau pun hibah
  • Pengelolaan/maintenance, manajemen aset-aset dikelola oleh perusahaan
  • Penghentian penggunaan /disposal 

Contoh aset tetap antara lain adalah tanah, bangunan, pabrik, komputer, alat-alat produksi dan mebel.

Sistem akuntansi aset tetap adalah sistem akuntansi yang mengolah transaksi yang mengubah aktiva tetap yang melibatkan bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lain, untuk menghasilkan informasi akuntansi yang dibutuhkan berbagai tingkat manajemen. 

Transaksi aset tetap dapat berubah karena beberapa hal berikut :


Input yang mengubah aset tetap

  •       Mengubah akun aset tetap 
  •        Mengubah akun akumulasi penyusuran
  •         Mengubah akun beban reparasi dan pemeliharaan 

Penggunaan Aset Tetap 

Sistem Aset Tetap digunakan untuk menyimpan data seperti kebutuhan aset tetap, kebutuhan pembelian, penyerahan aset tetap, manajemen aset tetap, kebutuhan aset tetap, serta pengelolaan aset tetap dsb, sehingga mempermudah dalam memproses data dan menerjemahkannya dalam sebuah informasi yang mudah dimengerti.

Step by Step Penggunaan Aset Tetap :

- Revenue Cycle : Barang dan jasa dijual dengan uang tunai atau perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya.

- Expenditure Cycle : Perusahaan membeli inventaris untuk dijual kembali atau material mentah untuk digunakan untuk.

- Production Cycle : Material mentah di produksi menjadi barang jadi.

- Payroll Cycle : Perekrutan karyawan, pelatihan, kompensasi, promosi dan kegagalan

- GL & Reporting System : Pelaksanaan evaluasi laporan sistem.

- Selling and Administration : Perusahaan mengelola menjual produk dan mengurus administrasi

-

Stake holder merupakan pemilik kepentingan yang besar, stakeholder bisa berupa individu, kelompok, atau pihak yang memiliki kepentingan dalam suatu perusahan yang hasil tindakannya dapat memengaruhi atau dipngaruhi oleh jalannya bisnis. Stakeholder dibagi menjadi dua yaitu stakeholder internal dan eksternal

Stakeholder internal adalah pihak yang memiliki kepentingan langsung dalam perusahaan, seperti pekerjaan, kepemilikan, atau investasi seperti pemilik perusahaan, pemegang saham, dan karyawan. Stakeholder eksternal adalah mereka yang tidak secara langsung terlibat dalam perjalanan suatu bisnis, tetapi dapat mempengaruhi tindakan atau kebijakan yang akan diambil sebuah organisasi (perusahaan). Seperti pelanggan, suppliers, pemerintah, dan masyarakat umum   

Siapa saja usernya :

- Fungsi Pemakai

- Fungsi Penelitian dan pengembangan

- Direktur Terkait

- Direktur Utama

- Fungsi Pembelian

- Fungsi Penerimaan

- Fungsi Aset Tetap

- Fungsi Akuntansi

Input Data Aset merupakan langkah pertama dalam memproses transaksi adalah menangkap data untuk setiap transaksi yang terjadi dan memasukkannya ke dalam sistem. Proses pengambilan data biasanya dipicu oleh terjadinya suatu aktivitas bisnis.


Sebagai contoh, transaksi banyak dilakukan pada revenue cycle adalah penjualan, baik tunai maupun kredit. SIA dapat digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan transaksi penjualan seperti : 

  •         Kode Aset
  •         Nama Aset
  •         Rekening
  •         Harga Perolehan
  •         Nilai Residu
  •         Umur Aset
  •         Saldo
  •         Tanggal penerimaan
  •        Tanggal Penggunaan

Output Informasi merupakan langkah terakhir dalam siklus pemrosesan data. Informasi biasanya disajikan dalam salah satu dari tiga bentuk: dokumen, laporan, atau respons terhadap query. Berikut merupakan beberapa contoh output informasi yang diterima :

  •  Laporan Data aset
  •  Laporan Data aset penyusutan
  • Laporan Jurnal

Jaringan Subsistem yang mendukung sistem akuntasi aset tetap yaitu mencatat harga pokok asset tetap dari pembelian, mencatat harga pokok aset tetap dari pembangunan sendiri, mencatat tambahan harga pokok aset tetap melalui capital ependitur, mencatat pengurangan harga pokok dan akumulasi penyusutan aset tetap yang dihentikan pemakainnya keuntungan dan kerugian yang timbul, mencatat aset tetap dan satu pusat pertanggungjawaban ke surat pertanggungjawaban yang ada, mencatat transaksi penilaian kembali asset tetap dan mencatat beban penyusutan aset tetap.

Unsur pengendalian dalam sistem informasi akuntansi akta tetap ini yaitu sebagai berikut :

  • Prosedur penacatatan harus jelas dan didasarkan pada bukti kas keluar dan bukti memori surat permintaan transfer yang dilampiri dengan dokumen pendukung yang lengkap.
  • Praktik yang sehat ialah pemeriksaan secara periodik pencockan fisik asset teteap dengan kartu asset tetap sehinggan keluar masuk aset tetap bisa dikendalikan.

      Sumber dan Referensi :
      https://www.academia.edu/11253546/Summary_Accounting_Information_Systems 
      https://studylib.net/doc/10198213/the-revenue-cycle---mcgraw-hill-higher-education  https://media.neliti.com/media/publications/2940-ID-analisis-sistem-penghentian-aktiva-tetap-pada-pt-pln-persero-wilayah-suluttenggo.pdf



Komentar

Postingan Populer