TUGAS 6 - Create Woof Application
Nama: Rule Lulu Damara
NRP: 5025211050
Kelas: PPB B
Create Woof Application
1. Deskripsi
Jawab:
2. Implementations
Langkah-Langkah Memulai Proyek Woof di Android Studio
- Membuka
Kode Awal di Android Studio:
- Buka
Android Studio.
- Buka
proyek Woof yang telah disediakan.
- Membuka
dan Memahami File Dog.kt:
- Arahkan
ke com.example.woof > data > Dog.kt.
- File
ini berisi data class Dog yang digunakan untuk mewakili
informasi anjing seperti foto, nama, usia, dan hobi.
- Perhatikan
juga daftar anjing yang disediakan di dalam file ini, karena data ini
akan digunakan di aplikasi.
- Meninjau
Aset Gambar:
- Buka
folder res > drawable.
- Periksa
semua aset gambar yang disertakan dalam proyek, termasuk ikon aplikasi,
gambar anjing, dan ikon lainnya.
- Meninjau
File strings.xml:
- Buka
folder res > values > strings.xml.
- File
ini berisi string yang digunakan dalam aplikasi, termasuk nama aplikasi,
nama anjing, deskripsi, dan lainnya.
- Meninjau
MainActivity.kt:
- Buka
file MainActivity.kt.
- File
ini berisi kode untuk membuat daftar sederhana yang menampilkan foto,
nama, dan usia anjing.
- Perhatikan
beberapa composable utama:
- WoofApp():
Berisi LazyColumn yang menampilkan DogItem.
- DogItem():
Berisi Row yang menampilkan foto anjing dan informasi
tentangnya.
- DogIcon():
Menampilkan foto anjing.
- DogInformation():
Menampilkan nama dan usia anjing.
- WoofPreview():
Memungkinkan Anda melihat pratinjau aplikasi di panel Design.
- Memastikan
Emulator/Perangkat Bertema Terang:
- Buka
aplikasi Setelan di perangkat/emulator Anda.
- Cari
opsi Tema gelap.
- Pastikan
Tema gelap tidak aktif (nonaktifkan jika aktif).
- Menjalankan
Kode Awal:
- Jalankan
aplikasi di emulator atau perangkat fisik.
- Lihat
daftar yang menampilkan anjing beserta foto, nama, dan usianya.
- Perhatikan
bahwa meskipun aplikasi sudah berfungsi, tampilannya masih perlu
diperbaiki untuk terlihat lebih menarik.
- Kemudian berikut merupakan kode yang telah dimodifikasi :
- Penggunaan
Scaffold
dan Penambahan App Bar:
- Scaffold:
Scaffold
adalah composable dari Jetpack Compose yang menyediakan struktur tata letak dasar aplikasi dengan slot untuk elemen-elemen umum sepertitopBar
,bottomBar
,floatingActionButton
, dll. Ini membantu dalam mengatur tata letak aplikasi dengan cara yang konsisten.topBar
di sini diisi denganWoofTopBarApp
, yang merupakan composable baru yang ditambahkan untuk menampilkan App Bar.
- LazyColumn dengan contentPadding:
- LazyColumn di dalam
Scaffold
diberikancontentPadding
yang berasal dari lambdait
. Ini memastikan bahwa konten daftar tidak tertutup oleh elemen-elemen dariScaffold
sepertitopBar
.
- LazyColumn di dalam
Card
untuk Item Daftar:- Card:
Card
adalah composable yang digunakan untuk menampilkan item dalam bentuk kartu dengan efek elevasi dan batas yang memberikan tampilan yang lebih menarik dan terstruktur.- Di sini,
Card
membungkus seluruh kontenDogItem
, memberikan tampilan yang lebih baik pada item daftar.
- Penambahan
clip
danContentScale
pada Gambar: - clip:
clip
digunakan untuk memotong gambar dengan bentuk tertentu. Di sini, gambar dipotong dengan bentuk kecil dari tema material menggunakanMaterialTheme.shapes.small
.
- ContentScale:
contentScale
diatur keContentScale.Crop
yang memastikan bahwa gambar di-crop agar sesuai dengan ukuran yang ditentukan, mengisi seluruh ruang yang tersedia dan memotong bagian yang berlebih.
- Penambahan
WoofTopBarApp
:
CenterAlignedTopAppBar:
CenterAlignedTopAppBar
adalah composable dari Material 3 yang menampilkan App Bar dengan judul yang disejajarkan di tengah.
Row:
- Di dalam
CenterAlignedTopAppBar
, sebuahRow
digunakan untuk menampilkan logo aplikasi dan nama aplikasi secara horizontal. verticalAlignment = Alignment.CenterVertically
memastikan bahwa elemen-elemen dalamRow
disejajarkan secara vertikal di tengah.
- Di dalam
Image:
- Menampilkan logo aplikasi menggunakan
painterResource(R.drawable.ic_woof_logo)
.
- Menampilkan logo aplikasi menggunakan
Text:
- Menampilkan nama aplikasi menggunakan
stringResource(R.string.app_name)
dan gaya teks yang diatur menggunakanMaterialTheme.typography.displayLarge
.
- Menampilkan nama aplikasi menggunakan
- Penggunaan
MaterialTheme.typography
padaDogInformation
:
- Text dengan
MaterialTheme.typography
:MaterialTheme.typography.displayMedium
: Digunakan untuk gaya teks nama anjing, memberikan tampilan yang lebih besar dan mencolok.MaterialTheme.typography.bodyLarge
: Digunakan untuk gaya teks umur anjing, memberikan tampilan teks yang lebih besar dan mudah dibaca.
Berikut ini merupakan hasil modifikasi yang telah dilakukan :4. Berikut merupakan tampilan dari kode awal ketika dijalankan :
- Penggunaan
Github :
Komentar
Posting Komentar